Selasa, 16 Juni 2009

Sektor Pariwisata Banyak Belum Disentuh

LEBONG UTARA - Sektor pariwisata di Kabupaten Lebong tercatat sangat banyak. Hanya saja belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah. Dari sekian banyak sektor pariwisata, baru beberapa objek wisata saja yang dijadikan andalan bagi Lebong saat ini seperti wisata telaga tujuh warna, wisata Air Putih, wisata Danau Picung dan wisata Tes. "Memang belum semuanya mendapatkan perhatian.Ttapi paling tidak secara berangsur kita akan membenahinya untuk dijadikan sektor andalan pula. Program ini memang menjadi fokus kita ditahun 2010 mendatang," ungkap Kepala Dinas pariwisata, Seni budaya dan perhubungan (Disparsenibud hub) Kabupaten Lebong Drs. Edi Suarna.

Berdasarkan catatan yang ada, sedikitnya terdapat 16 objek wisata yang dimiliki Lebong dan hanya sebagian kecil saja yang saat ini menjadi perhatian. Adapun objek wisata yang dimiliki Lebong diantaranya adalah Danau Tes, selain tempat wisata juga menjadi Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kaupaten Lebong. Tidak sama dengan tempat wisata lainnya, luas objek wisata Danau Tes lebih dari 750 Ha dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan sejauh 25 km dari ibu kota kabupaten. Sumber air panas Desa Tes dengan luas Areal satu 1 Ha. Air terjun Telon Buyuk dengan ketinggian lebih dari 50 meter dan luas mencapai 9,5 Ha terletak di Desa Turan Lalang dengan jarak 11 Km dari Ibu Kota Kecamatan atau 24 Km dari Ibu Kota Kabupaten.

Selanjutnya, wisata Air Picung dengan luas berkisar 3,5 Hektar terletak persis dibelakang rumah Dinas Bupati Lebong saat ini atau sekitar lima kilometer disebelah Utara Kota Muara Aman. Wisata alam Lobang Kacamata, terletak di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara. Jarak hanya dua kilometer dari Pusat Kota. Lobang Kacamata ini memiliki keunikan tersendiri karena terletak di dalam Bukit atau Dinding Bukit yang berbatu. Kemudian, wisata Air Putih yang merupakan tempat wisata sumber air panas yang sangat menarik dan terletak sekitar 10 Km sebelah Timur dari Kota Muara Aman di Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis. Wisata Air Panas yang terletak di Desa Karang Dapo Kecamatan Lebong Selatan dengan jarak sekitar 54 Km dari Ibu Kota Kabupaten.

Ada juga wisata Danau Lupang dengan luas sekitar lima hektar dan terletak di Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan, jarak tempuhnya hanya enam kilometer dari Ibu Kota Kecamatan. Di tempat yang sama ada juga wisata lainnya yakni Gunung Belerang yang berjarak sekitar sembilan kilometer dari Ibu Kota Kecamatan. Selanjutnya Air Terjun Ketenong yang terletak di Desa Ketenong Kecamatan Pinang Belapis, Sumber Air Panas dengan luas 0,5 hektar terletak di Desa Turan lalang Kecamatan Lebong Selatan. Objek Wisata Air Terjun Tes yang terletak di Kelurahan Tes, luas lahan 1,5 Km masih alami dengan keindahan Panorama Alam.
Wisata Air Paliak di Desa Uram Kecamatan Uram Jaya. Sama halnya dengan Sumber air panas Air Putih, Air Paliak merupakan tempat wisata alami yang sangat menarik. Akan tetapi di Air Paliak, suasana pegunungannya sangat terasa karena memang terdapat di Daerah Pegunungan. Kemudian ada juga wisata Danau Blue yang terletak di Desa Mubai dengan luas sekitar dua kilometer. Selain pemandangan yang indah dan alami, airnya jernih kebiru-biruan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar