Selasa, 16 Juni 2009

Lakukan Pemerataan Guru di Sekolah

LEBONG UTARA - Sekretaris Komisi I DPRD Lebong Drs. Basing Ado meminta kepada instansi terkait untuk melakukan pemerataan guru, karena masih banyak sekolah yang kekurangan tenaga pengajar. Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Lebong. Di samping itu juga mengurangi beban guru yang awalnya memegang hingga lebih dari satu mata pelajaran. "Kami minta pemkab melalui dinas teknis memperhatikan masalah ini, karena masih banyak sekolah yang kekurangan guru dan bahkan guru tersebut memegang lebih dari satu mata pelajaran. Kalau seperti ini terus selain guru tidak terkonsentrasi karena terpecah pikirannya dengan sejumlah mata pelajaran, dimungkinkan juga efektifitas belajar mengajar pun akan terganggu," kata Basing.

Basing menegaskan, adanya penumpukan jumlah guru di satu sekolah perlu dirampingkan dan dipindahkan ke sekolah lain yang memang masih kekurangan tenaga pengajar. Selama ini di satu sekolah dalam satu mata pelajaran tenaga pengajarnya lebih dari satu, sementara disekolah lain satu guru justeru memegang dua mata pelajaran. Hal ini tentunya sangat tidak seimbang dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Lebong. "Kami minta perhatikan masalah ini dan sekolah yang banyak gurunya perlu dikurangi dan dipindahkan ke sekolah lain yang memang masih kekurangan tenaga pengajar," katanya.

Untuk itu, pemerataan guru di tiap-tiap sekolah harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jjangan lagi terdengar dalam satu sekolah karena keterbatasan tenaga pengajar, akhirnya guru memegang pelajaran hingga lebih dari satu. Sementara bidang ilmu yang dimiliki guru tidak sesuai dengan pelajaran yang disampaikan kepada siswa. "Tempatkanlah guru di sekolah yang masih mengalami kekurangan dan harus disesuaikan dengan bidang disiplin ilmu yang dimiliki oleh guru tersebut," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar